16 Oktober 2015 | Posted in: Even Dan Kegiatan

Berdirinya Ford Laser Community Jawa Timur (FLCJ) tidak terlepas dari semangat besar seorang Septria Wibisono. Pria asli Surabaya yang bermukim di Jember ini rela wira-wiri Jember – Surabaya untuk merintis berdirinya FLCJ.

Sebelumnya, beberapa pengguna FL termasuk penulis sudah aktif di forum FLOCK (Ford Laser Owner Community on Kaskus) dan sudah menjadi anggota terdaftar (disebut Flocker).  Dilanjutkan kemudian saat meledaknya sosial media Facebook, mereka juga aktif di forum diskusi di FB. Di FB nama yang digunakan adalah FLCI (Ford Laser Club Indonesia).

Melihat banyaknya Flocker di Jatim yang aktif, maka Om Septria Wibisono berinisiatif untuk membentuk komunitas wilayah Jatim.  Maka dibentuklah grup diskusi di FB dengan nama yang beberapa kali diubah-ubah, namun intinya tetap sama. Yaitu Komunitas pengguna Ford Laser di Jawa Timur.

Seiring perkembangan waktu, ternyata anggota grup FB semakin banyak. Beberapa orang sangat aktif mengadakan komunikasi dan diskusi di grup FB.  Hingga kemudian dipandang perlu untuk merealisasikan komunitas di dunia maya ini menjadi komunitas di dunia nyata.

Titik awal berdirinya komunitas ini adalah pertemuan di rumah Om Sutikno di Sidoarjo.  Pertemuan ini digagas oleh Om Wibisono dan Om Sutikno.  Om Wibi jauh-jauh datang dari Jember mengendari FL-nya. Hadir pada saat itu adalah Om Wibi, Om Holil (Jember), Om Priyo (penulis, Sidoarjo), Om Fitri Yulianto (Gresik) dan Om Sutikno sebagai tuan rumah.

Dari kiri : Om Sutikno, Om Hollil, Om Septria Wibisono, Om Fitri Yulianto (dan juniornya) dan penulis saat pertemuan di rumah Om Tikno.

 

Pertemuan ini membahas persiapan untuk mengadakan kopi darat (kopdar) perdana untuk merintis pendirian komunitas ini di dunia nyata.   Selain membahas mengenai penentuan tempat, juga dibahas mengenai komunikasi dengan perwakilan dari wilayah lain.   Dalam hal ini sudah ada kontak dengan wilayah Malang (Om Ari) dan wilayah Bojonegoro (Om Abenk).

 

Saat survey lokasi di Alun-Alun Sidoarjo.

Pertemuan dilanjutkan dengan survey lokasi kopdar pertama.  Selanjutnya dari pertemuan ini juga disepakati untuk mengadakan kopdar perdana tanggal 12 Oktober 2013, di Kahuripan Nirwana Village.  Sedangkan kelanjutan mengenai komunitas ini akan dibicarakan dalam kopdar tersebut.

Kopdar perdana seakan membuka jalan semakin lapang. Walau sederhana dan amburadul karena kurangnya persiapan, kopdar ini menghasilkan keputusan untuk kopdar selanjutnya di kota Malang. Ini menindaklanjuti semangat dulur Malang yang tinggi.

Kopdar kedua di Malang dilaksanakan di Selecta Batu, pada tanggal 3 Desember 2013. Disinilah bisa dikatakan sebagai hari resmi lahirnya Ford Laser Community Jawa Timur. Secara resmi diakui oleh induk komunitas pusat di Jakarta sebagai Chapter Jawa Timur. Juga diresmikan dengan pemotongan tumpeng yang disediakan oleh panitia Malang.

Setelah kopdar Ke-2 Malang, keanggotaan komunitas semakin besar dan semakin semarak. Kopdar rutin pun diagendakan untuk dilaksanakan keliling Jawa Timur. Bravo Ford Laser Community Jawa Timur. Semoga tambah jaya, tambah dulur. Guyub Rukun selamanya.

Facebook Comments